Ilustrasi: CNBC Indonesia

ZNEWS.ID, JAKARTA — Indonesia menarik perhatian dunia dengan pencapaian ekonomi yang melesat cukup tajam. Indonesia dinyatakan masuk dalam 10 besar negara dengan pendapatan domestik bruto (PDB) terbesar di dunia.

Dua hari lalu, Senin (1/10/2019), Dana Moneter Internasional (IMF) merilis nilai produk domestik bruto (PDB) negara-negara di dunia pada tahun ini. Tiongkok berada di urutan teratas dengan nilai PDB  25,27 triliun dolar AS. Lalu di urutan kedua adalah Amerika Serikat dengan PDB 20,49 triliun dolar AS. Lalu, di peringkat ke-3 adalah India dengan nilai PDB 19,82 triliun dolar AS.

Indonesia mengejutkan dunia dengan melejit ke peringkat ke-7 dengan capaian PDB 3,55 triliun dolar AS atau meningkat tajam 5,2 persen dari tahun sebelumnya. Dengan demikian Indonesia melompat 9 peringkat dari sebelumnya.

Gambaran utuh dari komposisi GDP dunia yang dikeluarkan IMF dapat disimak dari ilustrasi berikut ini :

Ilustrasi: visualcapitalist.com

Dengan komposisi yang demikian maka hal ini sesuai dengan ramalan para ekonom dunia bahwa Indonesia di masa depan akan menguasai perekonomian dunia. Bahkan diramalkan di tahun 2030 imdonesia akan berada di urutan ke-4 dunia setelah Tiongkok, Amerika Serikat, dan India. (yen)

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY